Rubrik "Kompas Kita" hadir untuk membuka ruang interaktif antara pembaca Kompas, tokoh, dan pengelola media. Tokoh Pilihan akan hadir tiap Jumat dan Anda bisa mengajukan pertanyaan apa saja yang Anda ingin ketahui tentang kiprah dan kehidupannya.
She
SHE (Sound and Harmony Eclectic) adalah sebuah grup musik asal Indonesia yang dibentuk dan berdomisili di Bandung. Grup musik ini dibentuk tanggal 22 Februari 2000. Pembentukan band cewek yang semua anggotanya mojang Priangan ini adalah ide mantan manajer SHE, Dino Raturandang. Mereka, dengan berbagai latar belakang musik dan tadinya tak saling kenal satu sama lain, dikumpulkan Dino. Mereka berkeinginan sama, mengemas semua perbedaan tersebut dalam sebuah harmonisasi musik atau suatu keselarasan alunan nada yang indah di belantika musik Tanah Air. Mereka sudah menelurkan sejumlah album. Kehadiran SHE sebagai grup band wanita menjadi unik di belantika musik Indonesia di tengah gempuran girlband-girlband yang seragam bergaya Korea atau Jepang.
Segera kirim pertanyaan Anda tentang apa saja kepada She dengan mengisi form di bawah ini. Nantikan jawaban pertanyaan Anda di harian Kompas dan di situs ini.
Nama
:
Email
:
Domisili
:
Pertanyaan
:

Persoalan klasik yang dialami grup band beranggotakan personel (semua) wanita adalah ”panggilan alam” ketika mereka berkeluarga dan mempunyai buah hati. Tak jarang berakhir dengan bubarnya band tersebut. Apakah SHE akan mencari personel lain atau akan bertahan dengan personel yang masih berkomitmen berada di SHE ketika (para) personelnya mengikuti ”panggilan alam” tadi? Jangan bubar, ya, kalian grup bagus, bukan girlband yang hanya ikut trend.
Tj Singo - Yogyakarta
Semoga kami tidak akan bubar karena masalah berkeluarga atau tidak. Sampai saat ini sudah tiga personel yang berkeluarga di SHE dan semua bisa kami atasi dengan baik.
Di antara kalian, siapakah yang berperan sebagai pemimpin?
Adrian Hernando - Cirebon, Jawa Barat
Tidak ada pemimpin dalam SHE. Namun, semua punya tugas dan tanggung jawab masing-masing.
Saya ingin sekali kakak-kakak dari SHE melakukan pemberdayaan masyarakat atau CSR, misalnya, pelatihan olah vokal untuk remaja wanita, kreativitas kerajinan tangan mengenai SHE.
Elviera Kartini - -
Hal seperti itu belum terpikirkan oleh kami. Namun, kami sangat senang jika dilibatkan dengan kegiatan yang berhubungan dengan perempuan dan kreativitas.
Kapan terbentuknya grup band SHE? Apakah semua personelnya sudah saling kenal atau belum waktu terbentuk band SHE?
Mega Ulinawati Butar Butar - Tangerang
Sebelumnya belum kenal.
Sangat jarang band wanita yang bertahan di belantika musik Indonesia. SHE masih tetap bertahan dengan kualitas yang baik. Sekarang ini justru yang bermunculan girlband-girlband yang berkiblat pada gaya Korea ataupun Jepang. Apa pendapat SHE tentang mereka?
Franky Febryanto Banfatin - Medan
Fenomena girlband yang ada sekarang bukan satu ancaman buat SHE. Namun, itu merupakan tolak ukur baru untuk melihat hal-hal apa yang sedang diminati atau digandrungi oleh masyarakat umum dan penikmat musik khususnya. Hal itu membuat SHE semakin giat untuk menghasilkan karya yang lebih bagus lagi sehingga fenomena-fenomena tersebut tidak menjadi satu halangan berarti buat SHE dalam bermusik.


Show 1-5...
Nantikan Kompas Kita selanjutnya bersama
Mesty Ariotedjo
Segera kirim pertanyaan Anda tentang apa saja kepada Mesty Ariotedjo dengan mengisi form di bawah ini.
Nama
:
Email
:
Domisili
:
Pertanyaan
:

Pilih tokoh pilihan Anda yang ingin ditampilkan di Kompas Kita ?

BJ Habibie
Bondan Winarno
Slamet Gundono