Rubrik "Kompas Kita" hadir untuk membuka ruang interaktif antara pembaca Kompas, tokoh, dan pengelola media. Tokoh Pilihan akan hadir tiap Jumat dan Anda bisa mengajukan pertanyaan apa saja yang Anda ingin ketahui tentang kiprah dan kehidupannya.
Muhammad Farhan
Geliatkan Bisnis dan Hiburan Sepak bola Prinsip Muhammad Farhan (45) di dunia hiburan, khususnya dunia penyiar, untuk berhenti sebelum diberhentikan mewarnai perjalanan kariernya lebih dari 20 tahun. Di radio, lelaki yang kocak saat siaran ini mengawali karier sebagai scriptwriter pada tahun 1993 di Bandung, Jawa Barat. Farhan mulai siaran pada 1997 di Bandung lalu merantau ke Jakarta dan menjadi penyiar di banyak radio. Radio terakhir yang dilibatinya tujuh tahun terakhir adalah Delta FM. Melihat tantangan baru yang memikat, pada 5 Januari 2015 Farhan memutuskan berhenti sebagai penyiar radio. Farhan yang besar di Bandung kembali ke ”Kota Kembang” itu untuk mengurusi sepak bola. Jabatan sebagai Direktur PT Persib Bandung Bermartabat memanggilnya untuk menggeliatkan bisnis dan hiburan dalam sepak bola. Dengan keyakinannya bahwa pertandingan sepak bola tidak hanya terjadi di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan membuatnya fokus turun dan ikut bertanding.
Segera kirim pertanyaan Anda tentang apa saja kepada Muhammad Farhan dengan mengisi form di bawah ini. Nantikan jawaban pertanyaan Anda di harian Kompas dan di situs ini.
Nama
:
Email
:
Domisili
:
Pertanyaan
:

Apa saja yang perlu dibenahi agar sepak bola Indonesia dapat berkembang dan tidak terjebak dalam konflik terus-menerus? Apa saran Anda bagi pemerintah tentang hal ini?
Melkior Sedek - Jakarta Pusat
Pemerintah perlu fokus pada pengadaan infrastruktur bagi fasilitas dan pengelolaan arena olahraga. Pemerintah enggak perlu ikut campur dalam urusan organisasi induk olahraga. Mendingan pemerintah ngurusi stimulan ekonomi untuk membangun industri sepak bola, memberikan insentif untuk klub yang berprestasi misalnya!
Terkait dengan tidak lagi adanya APBD untuk klub-klub indonesia, menurut Mas Farhan sendiri, seberapa penting peranan pemerintah daerah khususnya dalam industri sepak bola di negeri ini?
Bin Era Gelantara Tarigan - Deli Serdang
Pemerintah daerah dan pusat punya tugas melakukan: 1. Penyediaan infrastruktur yang baik, mulai dari stadion sampai jalan aksesnya. 2. Penyelenggaraan sistem pendidikan untuk mencetak bakat sepak bola muda yang berpendidikan tinggi. 3. Penunjang dan insentif lainnya, misalnya keringanan pajak.
Kendala apa saja yang kakak temui selama 20 tahun di dunia hiburan? Bagaimana menurut Kak Farhan menjadi seorang penyiar yang baik? Apa saja kriterianya? Apa yang menggugah hati Kak Farhan memilih fokus di Persib?
Ulin Noor Baroroh - Universitas Muria Kudus
Kendala terbesar dalam dunia entertainment adalah kesombongan diri, merasa diri lebih hebat daripada orang lain. Hal ini bikin kita lupa diri! Penyiar yang baik adalah yang menguasai teknik dasar dan punya karakter yang kuat. Persib adalah klub sepak bola idola saya sejak kecil dan berkesempatan bekerja di situ adalah perwujudan impian masa kecil. Sepak bola punya nilai filosofis yang tinggi menyangkut etika dan sportivitas, tetapi punya daya tarik yang tinggi sebagai sebuah tontonan. Sepak bola di Indonesia masih dipandang sebagai kegiatan sosial politik belaka bukan aspek etika dan bisnisnya! Untuk bisa bersaing harus punya program akademi sepak bola yang modern dan jauh dari intervensi penguasa untuk ”nitipin” pemain binaannya.
Apa latar belakang Anda terjun ke dunia olahraga?
Ardiansyah Bagus Suryanto - Lamongan
Industri olahraga punya area irisan yang banyak dengan dunia entertainment. Jadi, saya pikir kemampuan dan pengalaman saya di dunia entertainment tidak akan terbuang di dunia olahraga.
Hai, Oom Farhan. Apa kabarnya? Masih minum kopi pahit tanpa gula? Apa yang bikin Oom Farhan bisa (konsisten) siaran di radio sampai 20 tahunan?
Romy - -
Wah, tahu saja saya suka kopi hitam pahit. Terima kasih perhatiannya. Bekerja di radio selama saru dekade lebih menjadi tidak terasa karena saya selalu bersyukur bahwa saya bisa mengekspresikan perasaan saya pada semua orang lewat corong radio setiap hari! Enggak pernah merasa malas karena saya selalu bangun pagi dengan bahagia ketika memikirkan pekerjaan favoritku itu. Kedepannya bisnis radio akan tumbuh bersamaan dengan bisnis media online (internet) karena keduanya punya karakter yang sama, yaitu tingkat interaktif yang tinggi.


Show 1-5...
Nantikan Kompas Kita selanjutnya bersama
Mesty Ariotedjo
Segera kirim pertanyaan Anda tentang apa saja kepada Mesty Ariotedjo dengan mengisi form di bawah ini.
Nama
:
Email
:
Domisili
:
Pertanyaan
:

Pilih tokoh pilihan Anda yang ingin ditampilkan di Kompas Kita ?

BJ Habibie
Bondan Winarno
Slamet Gundono