Rubrik "Kompas Kita" hadir untuk membuka ruang interaktif antara pembaca Kompas, tokoh, dan pengelola media. Tokoh Pilihan akan hadir tiap Jumat dan Anda bisa mengajukan pertanyaan apa saja yang Anda ingin ketahui tentang kiprah dan kehidupannya.
Elvira Devinamira
Putri Indonesia 2014 Elvira Devinamira baru saja pulang berlaga di Miss Universe 2014 di Miami, Florida, Amerika Serikat. Setelah 20 tahun berpartisipasi di Miss Universe, untuk pertama kali Indonesia meraih Best National Costume lewat penampilan Elvira. Selain itu, Elvira juga masuk 15 besar Miss Universe 2014. Tentu ini menjadi prestasi yang membanggakan Indonesia. Mahkota Putri Indonesia menjadi langkah baru bagi Elvira yang terjun ke dunia modelling sejak sekitar tahun 2012. Sebenarnya, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga ini lebih suka di rumah. Ibunyalah yang pertama kali melihat potensi dan menyadarkan Elvira untuk keluar rumah. Tak lama kemudian, Elvira pun menjuarai kontes Cak dan Ning Surabaya 2012. Sejak itu pula, Elvira lebih sering berjalan di catwalk. Semuanya dipelajari secara otodidak. Meski mempunyai jadwal padat untuk modelling, Elvira tidak melupakan pendidikannya. Nilai-nilai yang diraihnya di Jurusan Hukum Internasional Universitas Airlangga tak pernah mengecewakan dan beberapa kali menjadi delegasi Indonesia di konferensi internasional.
Segera kirim pertanyaan Anda tentang apa saja kepada Elvira Devinamira dengan mengisi form di bawah ini. Nantikan jawaban pertanyaan Anda di harian Kompas dan di situs ini.
Nama
:
Email
:
Domisili
:
Pertanyaan
:

Apakah arti nama Anda? Apakah Anda ingin melanjutkan karier di dunia beauty pageant atau di jurusan hukum?
Jelita Sitorus - Medan
Arti nama saya adalah kemenangan. Saya akan mencoba untuk tetap imbang karena tidak ada yang tidak mungkin asal mampu melakukan manajemen waktu yang baik. Tentu saya ingin melanjutkan passion saya, yaitu charity dan travelling. Saya tergabung dengan grup 1.000 guru yang mempunyai moto teachingand travelling. Kami mengajar ke pelosok-pelosok daerah untuk menginspirasi mereka agar menjadi pribadi yang maju dan berkompeten.
Bagaimana kesiapan Indonesia sejauh ini agar bisa berprestasi di dunia internasional? Apa yang masih perlu dikembangkan bangsa Indonesia?
Robby Wilson - Kelapa Gading, Jakarta Timur
Kita harus siap dalam segala hal dan situasi. Perlunya training dan persiapan sangatlah krusial. Remember, practice makes perfection. Dan Indonesia sekarang sudah berkembang pesat, terutama di dunia pageant. Para penggemarnya tidak kalah dengan negara lain, membuat Indonesia semakin dikenal.
Sebagai seorang Putri Indonesia dan mahasiswa ilmu hukum internasional, bagaimana pendapat Mbak Vira mengenai tekanan dari Sekjen PBB Ban Ki Moon terhadap negara Indonesia untuk menghentikan hukuman mati, terutama bagi warga negara Australia? Dan, langkah apa yang diambil apabila diminta bantuan oleh Pemerintah Indonesia?
Angga Dwi Putra - Kecamatan Rancasari, Kota Bandung
Saya pribadi percaya bahwa hanya Tuhan yang mampu memberi dan mengambil nyawa. Jadi, setiap orang mempunyai hak untuk mempertahankan kehidupannya. Menurut saya, harus ada mediasi di antara masing-masing presiden dan tentunya PBB mampu dan berkompeten dalam menjembatani kasus ini.
Dalam beberapa kesempatan, saya melihat Elvira diwawancarai di televisi dan sering menggunakan kalimat bahasa Indonesia yang bercampur aduk dengan kosakata bahasa Inggris. Mengapa? Bukankah sebagai putri sebaiknya mencontohkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar?
Dzerlina SR - KlatenJawa Tengah
Menurut saya, itu tidak masalah, bukan berarti saya Putri Indonesia menolak westernisasi. Ketika itu baik, saya aplikasikan dan penggunaan bahasa sangat penting dipraktikkan dalam sehari-hari karena kalau tidak, cepat lupa, he-he-he....
Menurut Anda, apa yang dapat dilakukan seorang Putri Indonesia yang dapat membawa dampak positif, terutama bagi kaum perempuan di Indonesia?
Kristali Harjono - Cirebon
Tugas saya adalah menginspirasi perempuan agar terus maju dan experience a lot of things. Di ajang itu, saya juga membuktikan dengan prestasi saya. Perempuan zaman sekarang harus sudah memiliki pendidikan yang tinggi serta karier dan pengalaman yang bagus. Dan, tentunya menyebarluaskan definisi sukses itu adalah mampu untuk survive.


Show 1-5...
Nantikan Kompas Kita selanjutnya bersama
Mesty Ariotedjo
Segera kirim pertanyaan Anda tentang apa saja kepada Mesty Ariotedjo dengan mengisi form di bawah ini.
Nama
:
Email
:
Domisili
:
Pertanyaan
:

Pilih tokoh pilihan Anda yang ingin ditampilkan di Kompas Kita ?

BJ Habibie
Bondan Winarno
Slamet Gundono