Rubrik "Kompas Kita" hadir untuk membuka ruang interaktif antara pembaca Kompas, tokoh, dan pengelola media. Tokoh Pilihan akan hadir tiap Jumat dan Anda bisa mengajukan pertanyaan apa saja yang Anda ingin ketahui tentang kiprah dan kehidupannya.
Santia Tri Kusuma
Kecintaannya terhadap balap sepeda, bagi Santia Tri Kusuma, bukanlah sebatas kata-kata. Pebalap sepeda putri terbaik Indonesia itu bahkan sampai rela menunda memiliki momongan karena dia inginberkonsentrasi mengikuti kualifikasi Olimpiade. "Saya ingin berlagadi sana , "ujarnya suatu saat. Santia pulalah satu-satunya pebalap sepeda Indonesia yang tampil pada Olimpiade Athena 2004. Walaupun waktu kecil bercita-cita menjadi polisi wanita, ternyata jalan hidupnya malah menekuni balap sepeda. Darah balap sepeda rupanya mengalir dari ayahnya, Santoso, mantan pebalap sepeda. Kakaknya, Prio Santoso, pun seorang pebalap sepeda. Bintang Santia semakin berkilau setelah dua tahun lalu dia memilih nomor jalan raya,dari nomor sepeda gunung yang diikuti sebelumnya.
Segera kirim pertanyaan Anda tentang apa saja kepada Santia Tri Kusuma dengan mengisi form di bawah ini. Nantikan jawaban pertanyaan Anda di harian Kompas dan di situs ini.
Nama
:
Email
:
Domisili
:
Pertanyaan
:

Aku ngefans banget sama Mbak Santia, aku juga suka banget main sepeda, aku mau tanya kunci suksesnya Mbak Santia menjadi seorang atlet sepeda hingga sukses seperti apa? Sepertinya aku mau benar-benar menggeluti sepeda. Selain itu, sepeda yang bagus itu sepeda yang seperti apa? Kalau Mbak Santia pakai sepeda apa?
Tata - -
Dear Tata, senang sekali aku mendengar Tata ingin serius menggeluti balap sepeda.Kuncinya, tekun berlatih, gembira, dan berdoa. Sepeda yang bagus adalah yang sesuai dan pas dengan ukuran kita sehingga kita nyaman dan menguasai sepeda itu. Kalau sekarang saya memakai dengan nyaman sepeda road Polygon Helios 780 seperti yang saya pakai di Asian Games 2010 di China.
Dear Santia, apa 3 faktor kunci kesuksesan latihan Anda?
Coach Charles Botte Gunadi - -
Faktor-faktor kunci sukses da lam latihan adalah mematuhi program yang diberikan pelatih, menjalankan dengan benar dan tepat setiap detail latihan,dan bersukacita dalam menjalankannya. Salam FUNtastic...
Apa cita-cita Mbak Santi pada saat masih kecil? Apa target terdekat Mbak?
Ardinkusuma - -
Cita-cita saya saat masih kecil adalah menjadi polwan. Dan sekarang bisa menjadi pebalap hebat karena saya mencintai profesi ini, tekun, dan ulet sehingga tanpa terasa banyak pengalaman yang menjadi pelajaran dalam meraih prestasi yang membanggakan. Target terdekat yaitu Sea Games di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Mohon doanya ya....
Apakah ada dokter khusus bagi pesepeda? Saya ingin bersepeda dengan benar tanpa berisiko terhadap jantung saya?
Iman Sudjadi - Magelang
Dokter khusus pesepeda sama dengan dokter olahraga pada umumnya. Anda tentu bisa mengonsultasikan dengan mereka. Tips saya agar Anda bisa bersepeda dengan benar dengan kecepatan dan tanpa risiko terhadap jantung, sebaiknya Anda memakai pulse monitor yang bisa digunakan untuk mengukur detak jantung saat berlatih, detak jantung maksimal Anda,kalori, kecepatan sepeda, jarak. Monitor ini akan beri tahu jika Anda sudah melampaui batas maksimal denyut jantung.
Kapan ada kesempatan Anda untuk dapat ke Makassar memotifasi kami yang juga penggemar sepeda balap. Apa tips Anda buat kami ?
Tomy Sapari - Makassar
Wah saya juga akan senang sekali jika bisa datang ke Makassar. Kita bisa berbagi pengalaman dan tips tentang bersepeda yang benar,sehat, dan berprestasi. Tips berlatih pukul 05.30 sampai dengan 07.00: tetap sarapan ringan,tetapi sarat nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita, bahkan untuk berolahraga, seperti jus. Tips tur: Sebaiknya sediakan makanan suplai berenergi tinggi.


Show 1-5...
Nantikan Kompas Kita selanjutnya bersama
Mesty Ariotedjo
Segera kirim pertanyaan Anda tentang apa saja kepada Mesty Ariotedjo dengan mengisi form di bawah ini.
Nama
:
Email
:
Domisili
:
Pertanyaan
:

Pilih tokoh pilihan Anda yang ingin ditampilkan di Kompas Kita ?

BJ Habibie
Bondan Winarno
Slamet Gundono